Sunday 5 July 2015

Alasan banyak orang ketika akan memulai berbisnis adalah kurang modal atau bahkan belum punya modal. Yang mereka maksud adalah belum punya uang untuk kulakan atau membeli yang akan dia jual. Ya, karena orang yang berbisnis itu orang yang menjual sesuatu, baik berupa barang ataupun jasa.

Sahabat, janganlah anda terpaku pada uang, keluarkanlah potensi anda jika terbentur dengan yang namanya uang ini. Misalnya anda bisa menawarkankerjasama dengan pemilik modal atau uang, atau anda bisa meminjam kepada saudara tanpa sistem riba. Ingatlah pada pepatah yang mengatakan tak ada rotan akarpun jadi. Artinya dengan modal awal yang recehan artinya sedikit, anda harus mengoptimalakan hal itu sehingga bisnis atau usaha anda biarkan bisa berjalan terlebih dahulu.

Jika anda belum mampu untuk menyewa toko atau warung, maka uang yang ada bisa anda alokasikan untuk membeli hal-hal yang sangat perlu. Untuk berjualan anda bisa memilih tempat-tempat keramaian seperti sekolahan, alun-alun, car free day dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips agar sukses berbisnis dengan modal recehan, diantaranya:

1. tak ada rotan akarpun jadi
Maksudnya adalah berhemat dalam penggunaan anggaran yang ada, mengutamakan hal-hal pokok yang kita butuhkan untuk berjualan.

2. Mencari tempat strategis untuk berjualan
Adalah berjualan ditempat-tempat yang sesuai dengan apa yang kita jual dan sangat berpotensi banyak orang yang membutuhkan barang yang kita jual. Maka anda jangan berjualan baju orang dewasa di kawasan sekolah dasar, tentunya berjualan baju dewasa dikawasan sekolah dasar adalah tidak strategis.

3. menabung
sisikan hasil penjualan untuk memperbesah bisnis anda. dalam hal ini anda harus disiplin dalam penggunaan anggaran dan jangan boros.

Demikian diantara usaha berbisnis dengan modal recehan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.



0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!