Monday 6 July 2015

Teman-teman berikut ini saya akan bongkar bagaimana membuat kuah atau cuka pempek yang mantap nan menggoyang lidah. Sebelumnya saya telah melakukan beberapa kali percobaan dan hasilnya yang paling mantap akan saya bagikanuntuk anda sekalian.

Makanan pempek sudah mulai dikenal masyarakat Indonesia secara luas, semakin majunya teknologi pemberitaan adalah salah satu sebab popularnya makanan yang satu ini. Awas, anda harus jeli jangan hanya jadi korban kelezatan pempek, tapi bagaimana anda melihat peluang bisnis dari makanan ini. Jika dikota anda belum ada, kesempatan anda untuk berbisnis pempek sangat besar.

Pempek biasanya terbuat dari tepung kanji dicampur dengan cincangan daging ikan tengiri atau ikan yang lainnya. Tapi kali ini saya tidak membahas adonan pempek. Berikut ini adalah rahasia membuat cuka pempek Palembang.

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut:
- Air putih
- gula merah
- kecap manis
- Udang kering atau ebi
- bawang putih halus
- asam jawa (nah, ini rahasianya)
- cabai (jika suka yang hot)
Semua bahan diatas tinggal dimasak saja sampai air mendidih kemudian saring. Penggunan asam jawa disini memberikan rasa kecut yang kuat dibandingkan jika menggunakan cuka buatan pabrik. Ingat ya kalau masak kuah ini jangan didiamkan pada panci almunium, bisa-bisa panci anda nanti bolong semua...
semoga bermanfaat.
assalamu'alaikum.

0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!