Tuesday 7 July 2015

Sebenarnya belajar bahasa inggris itu sulit atau tidak ya? Sebuah pertanyaan seorang anak sekolah kepada calon guru privatnya. Para pemula biasanya takut kalau dia tidak bisa atau paham karena belajar bahasa Negara lain. Semua bahasa asing bagi orang yang baru mau belajar tentunya sesuatu yang asing dan sulit untuk dimengerti, namun tak menutup kemungkinan untuk bisa dikuasai dan dipahami. Buktinya dahulu teman-teman saya waktu sekolah smp atau sma pada jago berbahasa inggris, padahal mereka semua orang jawa.

Hal itu bisa karena mereka mau belajar dengan giat, tidak mudah putus asa dan mereka sangat percaya diri, sampai akhirnya mereka mahir berbahasa inggris.

Bagi teman-teman yang ingin mahir berbahasa ingris dari nol, ada beberapa tips yang harus anda jalani dan lakukan. Belajar bahasa itu bukan sehari atau dua hari saja, akan tetapi belajar bersama dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari agar bahasa itu melekat dan otomatis dalam mengucapkannya.

Tidak malu dan tidak putus asa

Hal yang wajib diperhatikan ketika kita belajar bahasa inggris adalah jangan malu belajar. Artinya jangan malu untuk mengucapkan bahasa inggris, jangan malu untuk berbicara bahasa inggris, jangan malu untuk menghafal kosa kata bahasa inggris. Dan juga tidak mudah putus asa ketika belum bisa memahami bahasa inggris dengan baik dan benar, intinya coba dan coba.

Suatu hal yang biasa, jika ada orang baru belajar kemudian salah. Tak mengapa anda ditertawakan teman anda, tak mengapa anda diremehkan, percayalah suatu saat mereka akan bertanya kepada kita tentang materi bahasa inggris.

Orang yang mampu bersabar mempelajarinya niscaya dia akan menjadi master dibidang tersebut. Sekarang semuanya terserah anda, bagi yang bersungguh-sungguh pasti dia akan bisa mendapatkan hal yang dia pelajari. Tapi kalau tidak serius, maka anda akan mempelajari buku bahasa inggris jilid pertama berulang kali, artinya anda akan jadi pemula terus. Mulailah dari sekarang atau anda tidak akan bisa selama-lamnya.

Mulailah mempratekkan bahasa inggris

Segala macam usaha akan membuahkan hasil, dan kualitas hasil sangat tergantung kepada kesungguhan didalam berusaha. Jika orang yang bersungguh-sungguh akan memperoleh hasil yang bagus begitu pula sebaliknya.

Adapun dengan bahasa inggris demikian juga, dan salah satu yang menunjukkan terhadap kesungguhan anda untuk bisa berbahasa inggris adalah mempraktekkannya baik dirumah, disekolah atau ditempat-tempat umum. Ngomonglah dengan bahasa inggris didepan cermin, atau mendengarkan berita berbahasa inggris atau menempeli perkakas dirumah dengan terjemahan bahasa inggris, atau membuat kamus kecil dengan tulisan tanganmu sendiri.

Jangan takut salah

Ini yang hendaknya ditekankan, kebanyakan dari pemula adalah rasa takut, yaitu takut salah mengucapkan bahasa inggris atau takut salah menulis bahasa inggris. Jauhilah hal itu, mulailah ngomong English dan tulislah di diary dan blog dengan English. Mulailah dengan satu atau dua kata dan terus tingkatkan volumenya.

Rasa takut itu hanya akan menjadikan anda berhenti dan akhirnya anda akan menyesal karena tidak mampu berbahasa inggris. So, hilangkan rasa takut anda dan melangkahlah dengan percaya diri!


Tiga hal diatas mudah-mudahan bisa memotivasi anda dalam mempelajari bahasa inggris.

0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!