Saturday 4 July 2015

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya yang berbeda-beda. Diantara sekian banyak latar belakang ini, ada diantara mereka ada yang menjadi  karyawan, ada yang menjadi pengusaha dan ada pula yang masih nganggur alias tidak punya pekerjaan di masa usia bekerjanya.

Tentunya yang terakhir apabila tidak segera diatasi dicarikan jalan keluar tidakmenutup kemungkinan akan menjadi sebuah problem bagi negara ini. Oleh sebabitu, pemerintah hendaknya mendukung orang atau badan usaha yang akan tumbuh dinegeri ini, dengan memberikan pelayanan birokrasi yang mudah dan cepat.

Sahabat sekalian, akhir-akhir ini kita sering mendengar kaata entrepreneur/wirausaha atau yang semisal dengannya. Akan tetapi banyakorang yang belum menyadari bahwa entrepreneurship atau kewirausahaan adalah sebuah pekerjaan yang mulia, dan juga sangat menyenangkan serta bisa berpartisipasi dalamupaya memajukan negara ini.

Mengapa disebut sebagai pekerjaan yang mulia, karena entrepreneur menciptakanlapangan pekerjaan minimaluntuk dirinya sendiri, dan jika usaha yang dijalankan berkembang maka tidak menutupkemungkinan akan menyediakan lapangan pekerjaan bagai yang lainnya. Dengan demikian, orang-orang yang belum memiliki pekerjaan akan terus berkurang, sehingga banyak yang diantara mereka akan bertambah tarap hidup dan kesejahteraan keluarga mereka. Oleh sebab itulah, para pengusaha itu disebut sebagai pahlawan kemanusian, adapun TKI adalah pahlawan devisa.

Berbisnis itu menyenangkan, karena dengan berbisnis peluang untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama akan terbuka dan akan bisa menyelipkan kebahagiaan didalam kehidupan mereka.

Seorang pengusaha sangat berperan didalammembangun kepribadian bangsa ini, karena akan menjauhkan masyarakat dari sifat-sifat meminta-minta. Dan juga dengan adanya banyakperusahaan maka akan terwujud pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun definisi entrepreneurship atau kewirausahaan adalah suatu usaha atau pekerjaan yang dibangun berdasakan pada inovasi untukmenciptakan sesuatu hal yang baru, memiliki nilai tambah, memberimanfaat, menciptakanlapangan pekerjaan dan hasilnya bermanfaat bagi yang lain. Entrepreneurship mengandung makna wiraswata atau wirausaha yaitu satu cabang ilmu ekonomi yang mengajarkan bagaimana seorang bisa menghasilkan sebuah usaha yang menghasilakan profit dan mengembangkan seluruh potensi ekonomi yang dimiliki.

Sedangkan menurut pandangan para ahli:
1. Geoffrey G. Meredith
Entrepreneur adalahorang yang mempunyai kemampuanmelihat dan menilai peluang-peluang usaha,mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan darinya serta mengambil tidakan yang tepat guna meraih kesuksesan.
2. Skinner
Entrepreneur adalah seseorang mengambil resiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan atau menjalankan danmengelola suatu bisnis dan menerima imabalan jasa berupa profit nonfinansial.
3. Say
Adalah orang yang mampu melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan.Dia memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkung dan membuat keputusa-keputusan tentang lingkungan usaha,mengelola sejumlah modal danmenghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.

Adapun pengusaha diamta saya adlah orang yang bisa mengelola kemampuan dirinya atau orang lain sehingga bisa menhasilkan sesuatu yang bernilai jual dan selalu inofatif dan kreatif terhadap hambatan yang dialami ketika menjalankan uasaha. Bagi sahabat yang punya keinginan untuk menjadi seorang pengusaha hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan terus mengeluh dan berpangku tangan, namun segeralah beraksi.
semoga bermanfaat...
assalamu'alaikum...

0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!