Monday 20 July 2015

Sebagai seorang pemula dalam berbisnis sudah menjadi tantangan tersendiri ketika harus berjuang mengalahkan ego dirinya sendiri. Betapa tidak, dalam awal usahanya dia harus mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran bagaimana caranya agar bisnis yang sedang dirintis sanggup berdiri tegap dan akhirnya bisa berjalan sendiri.

Dalam perjalanan bisnis tentunya akan banyak sekali cobaan dan bisikan-bisikan untuk beralih kebisnis lain atau berhenti untuk berbisnis. Ketika seorang pengusaha mengalamihal seperti itu, hendaknya menengok atau membaca sejarah atau profil para pengusaha sukses yang ada di Indonesia atau belahan bumi lainnya. Hal ini agar menumbuhkan semangat berwirausaha kembali dan tetap fokus.

Ada beberapa contoh profil pengusaha Indonesia yang telah sukses mengembangkan bisnisnya di dalm negeri bahkan sampai keluar negeri. Dibawah ini beberapa contoh perusahaan milik anak bangsa Indonesia, diantaranya:

1. PT. Ciputra Grup, PT. Jaya Grup, PT. Metropolitan Grup
Nama Ciputra sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, anak seorang pedagang kelontong dari daerah Gorontalo, Sulawesi Utara ini boleh disebut sebagai bapak Entrepreneur Indonesia.  Dengan semangat dan kegigihannya seorang Ciputra bisa menghasilkan emas dari barang rongsokan dan kotoran. Bagaimana tidak, Ancol yang dulu kumuh dan kotor dia ubah menjadi tempat rekreasi Taman Impian Jaya Ancol yang sekarang termasuk kawasan terbesar kelima didunia dengan pengunjung 13 juta pertahunnya. Selain perusahaan yang ada di Indonesia, beliau juga telah membangun proyek perumahan elite dengan luas 301 hektar di Hanoi, Vietnam. Begitu juga dibeberapa negara lainya seperti India, Kamboja, China, Polandia, Amerika Serikat dan membangun kawasan perumahan 1000 hektar di Nigeria.

2. Kemchicks Group
Bob Sadino, namanya begitu dikenal dan beliau telah meninggal dunia pada awal 2015 kemarin. Beliau memulai usaha dari nol dengan menjual telur ayam negri dari pintu rumah satu ke pintu rumah yang lain. Kemudian siBob membuka toko digarasi mobilnya dengan menjual berbagai macam produk, dan kini Kemchicks menjelma menjadi supermarket besar dengan seg,mentasi kelas A+ dengan produkdan pelayanan kelas internasional. Dan saat ini Kemchicks berkembang menyatu dengan apartemen mewah The Mansion at Kemang dan juga ada Kemchicks Pacific Place dikawasan Sudirman Jakarta Pusat.

3. PT. Mustika Ratu
Perempuan itu bernama Mooryati Soedibyo, berawal dari sebuah hobi suka terhadap tamanan jamu. Kini hobi itu berkembang dan menjadi salah satu perusahaan jamu sukses di Indonesia yang bernama Mustika Ratu. Ibu mooryati memang seorang puteri keraton, sehingga beliau sangat akrab dengan jamu-jamuan. Pada awalnya beliau membuat jamu untuk konsumsi sendiri dan keluarga,kemudian mendirikan Mustika Ratu dan sampai sekarang jumlah karyawannya lebih dari 3000 orang dan terus berkembang sampai sekarang.

Keberhasilan itu tidak akan datang secara tiba-tiba, namun butuh proses panjang. Jangan pernah putus asa dan menyerah, jalankan bisnis yang sedang anda geluti sekarang dengan ikhlas, semangat dan tetap fokus. Semoga tulisan ini menginspirasi......

0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!