Thursday 2 July 2015

Bakso adalah makanan favorit bangsa indonesia, terbukti banyak sekali pedagang kelililng sampai restoran menjual makanan yang satu ini. Dan untungnya pun sangat menggiurkan. Nah, apakah anda tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini?

Berikut ini akan saya sampaikan bagaimana cara membuat bakso yang baik dan benar menurut pengalaman saya.

Yang perlu diketahui jika anda belum sama kali membuat bakso, pertama, pemilihan daging sapi. kedua, bumbu-bumbu yang dipakai. ketiga, segi higienis dan kesehatan bakso tanpa campuran zat-zat tambahan berbahaya.

1. Daging Sapi Pilihan
Jika anda ingin membuat bakso, maka pilihlah daging yang baru disembelih dengan usia maksikal 4 jam. Jangan menggunakan daging yang di frezer, karena akan menghasilkan kualitas bakso yang kurang bagus teksturnya. Untuk bagian daging sapi, pilihlah yang tidak banyak mengandung lemak, bisa bagian paha belakang. kalau mau bagian yang lain tidak masalah, tapi pilih yang sedikit yang mengandung lemak. Oke, setelah mendapat daging yang bagus berkualitas kemudian kita akan lanjut pada proses penggilingan.

2. Bumbu  Bakso
Adapun bumbu yang dicampurakan pada adonan bakso antara lain:
-bawang putuh goreng
-bawang merah goreng
-mrica bubuk
-kemiri
-garam kasar
-telur
Dalam membuat adonan bakso usakan campuran tepung kanji tidak terlalu banyak, agar aroma dagingnya tidak hilang. Anda tidak perlu mencampur dengan bahan-bahan berbahaya seperti pengenyal, pengawet atau bahkan sekedar penyedap masakan.
Adapun bumbu kuah baksonya adalah sebagai berikut:
-bawang putih
-bawang merah
-kemiri
-mrica
-garam
Bumbu-bumbu diatas dihaluskan kemudia di tumis dengan minyak panas, kemudian masukkan kedalam air yang disiapkan untuk kuah, masukkan juga balungan agar kuah tambah sedap, tunggu hingga mendidih.

Setelah anda bisa membuat bakso beserta kuahnya dengan baik dan benar, maka jika  anda akan membuka warung bakso carilah tempat atau lokasi yang menjual dengan promosi yang bagus dan segencar-gencarnya.
Selamatmencoba dan selamat berbisni bakso....
assalamu'alaikum....


0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!