Monday 6 July 2015

Sudahkan diantara anda yang mencoba atau mengetahui masakan yang satu ini? Saya yakin kalau ayam gemes "ala chef" (buatan pak) andrey belum ada yang pernah coba. Ya memang saya juga belum pernah buat karena baru diangan-angan saya saja. Sebelumnya perlu diketahui kata 'gemes' merupakan kepanjangan dari Gephok dan Kremes. Kalau ayam kremes saya pernah membuatnya sedangkan gephok itu dipukul dengan alat. Jadi ayam Gemes itu Ayam Gephok yang dihidangkan bersama kremesannya.

Setelah tahu tentang filosofi ayam gemes, kita akan belajar bagaimana cara membuatnya. Bahan-bahan yang harus disiakan:
- ayam kampung / ayam potong
- bawang merah putih
- kemiri
- ketumbar
- lengkuas
- kunyit
- jahe
- serai
- daun salam
- garam
Haluskan bumbu-bumbu diatas kemudian tumis hingga wangi, masukkan ayam kemudian tambahkan air putih scukupnya, tunggu hingga mendidih setelah itu matikan api dan diamkan hingga bumbu meresap sekitar empat jam.

Setelah bumbu meresap goreng ayam pada minyak panas, setelah berwarna kecoklatan angkat dan tiriskan. Sebelum disajikan pukul ayamnya hingga memar-memar. adapun untuk kremesannya, ambillah sisa air rebusan ayam tadi campur dengan tepung maezena, telur, garam dan baking soda, buatlah adonan agak encer. panaskan minyak goreng lalu tuangkan adonan kedalam minyak tunggu sampai warna kekuningan lalu angkat, sajikan bersama ayamnya.
semoga bermanfaat...

0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!