Friday 3 July 2015

Para pembaca yang budiman, berikutini akan saya sampaikan bagaimana cara membuat bakso bakar mulai dari awal hingga siap disajikan atau dijual.

Pertama-tama yang perlu diketahui ada beberapa hal yaitu;
1. Tentang baksonya itu sendiri
2. Bagaimana cara meracik bumbu kacang agar mantap dan enak
3. Menyiapkan bumbu untuk membakar bakso
4. Bahan-bahan pelengkap
5. Proses pembakaran

Baik sahabat, sekarang ini makanan atau jajanan bakso bakar mulai merebak dan menjamur bagai jamur dimusim penghujan. Perhatikan sahabat jika anda pergi ke kota Malang atau Solo Jawa Tengah, begitu mudahnya kita bisa mendapatkan jajanan yang satu ini. Kalau di kota Malang biasanya orang yang berjualan bakso bakar adalah punya stan warung sambil jualan bakso yang berkuah,berbeda dengan yang berada di Solo, disana banyak yang berjualan bakso bakar dengan menggunakan motor dan biasanya mudah dijumpai di alun-alun selatan kota Solo.

Nah, bagi sahabat yang saat ini masih bingung untuk memulai usaha maka tak ada salahnya jika anda mencoba bisnis ini.jika anda belum bisa atau berpengalaman membuat bakso, maka akan saya bagikan bagaimana membuat bakso bakar dengan bumbu kacang nan enak dan lezat.

Sebelum kita terjunlangsung pratik memasak, wajib bagi kita semua mengetahui ilmunya agar tidak mubadzir. disini saya tidak merekomendasi anda memakai bahan-bahan kimia tambahan seperti penyedap rasa, pengawet ataupun pengenyal untuk baksonya.

1. Cara membuat bakso daging ayam
Siapkan bahan dan bumbu-bumbu dibawah ini:
-Daging ayam filet (tanpa tulang)
-Tepung kanji, berbanding 1:1 atau tepungnya lebih sedikit juga tak masalah.
-Bawang putih
-Bawang merah goreng
-kemiri
-Merica bubuk
-Garam kasar
-Telur ayam
-Es batu
Kemudian giling daging ayam terlebihdahulu, setelah itu campur dengan semua bumbu sampai merata sehingga membentuk adonan yang tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kalis. Lalu cetak adonan bulat kecil menggunakan tangan dan sendok, masukakan kedalam air panas. setelah selesai mencetak adonan,kemudian masak hingga mendidih, lalu tiriskan sampai dingin.

2. Cara membuat bumbu kacang
Setelah bakso sudah jadi matang, proses selanjutnya adalah membuat bumbu kacang. bahan-bahan dan bumbu yang harus disiapakan adalah sebagai berikut:
-kacang tanah goreng yang sudah digiling halus
-bawang merah
-bawang putih
-kemiri
-gula merah secukupnya
-garam secukupnya
Bumbu-bumbu diatas dihaluskan kemudian masak bersama air dan kacang yang sudah halus tadi sampai mengental sepertipasta kemudian matikan apinya.

3. Cara membuat bumbu bakar
Berikut inibumbu yang harus dihaluskan adalah:
-bawang merah
-bawang putih
-kemiri
-merica hitam
- kecap manis (agar makanananda tetap terjaga,maka pakailah kecap yang masih alami,seperti,kecap bangau)
Kemudian bumbu-bumbu diatas dihaluskan lalu ditumis,setelah wangi campur dengan kecap dan air secukupnya.

Setelah semua siap dan matang, maka sampailah kita untuk mulai membakar baksonya, oiya...sebelumnya tusuk baksonya dengan tusuk bambu agar lebih mudah membalik-balik. Dalam membakar usahakan menggunakan arang yang kering agar cita rasa tetap terjaga dan terasa sedap.Berbeda jika menggunakan kompor atau wajan, rasa bakso tentunya akan berbeda.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikandalam usaha ini,terutama bagaimana anda menjual produk ini. Saya sarankan memilih tempat-tempat yang ramai, seperti sekolahan, pasar, atau alun-alun yang banyak orang berkumpul disana. Dibandingkan anda berkeliling, memilih tempat-tempat ramai lebih efisien dan lebih hemat tenaga dan biaya.
Selamat mencoba dan semoga sukses...
asslamu'alaikum
 

0 comments:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!